NOVEL FANTASI TERBARU ‘PAYUNG DARA’

PAYUNG DARA
PAYUNG DARA, NOVEL FANTASI BISA DIPESAN DI TOKOPEDIA KLIK DI SINI / DI GAMBAR

NOVEL FANTASI TERBARU ‘PAYUNG DARA’

karya : Yulizar Fadli Lubay.

.Isi : 120 hlm.
Penerbit: Lampung Literature.

Novel ini bisa dikatakan ringkas, menceritakan peristiwa yang terjadi hanya dalam waktu yang pendek. Namun Payung Dara mencakup kisah yang panjang dan bahkan belum selesai.

Pembukaannya, sebuah cerita tentang rusa dengan tanduknya. Setahuku, rusa betina tidak bertanduk, tapi Yulizar mengisahkan rusa betina yang bertanduk, tanduk emas hadiah dari rusa jantan. Huhuhu…

Si jantan yang berkelimpahan tanduk menghadiahkan tanduknya pada betina supaya betina semakin cantik. Huhuhu… (memangnya si betina begitu butuhnya untuk cantik? ih.) Itu menjadi pengantar sebelum Payung Dara masuk ke bab 1 dimana sudah mulai dikenalkan ada dirinya-sendiri yang bisa keluar dan kembali masuk ke tubuh Patria.

Pada bagian akhir novel, kisah ini kembali muncul dan membuat diriku-sendiri -nya Patria muncul sebagai musuh. “Menggigit telinga kiriku dan mencekik leherku hingga aku nyaris pingsan.” Antara awal dan akhir itu, Payung Dara menyajikan kisah-kisah kecil, sehari-hari, yang biasa dialami oleh seorang Patria dan juga tokoh-tokoh yang lain.

Yulizar membuat deskripsi-deskripsi pada banyak detail dalam novel ini. Sebagian di antaranya terasa absurd. “Aku menunduk memandangi tulisan yang huruf-hurufnya mulai membelah diri.” Bacalah sendiri, kalian akan banyak menemukan hal-hal yang absurd dalam novel ini.

Novel ini sepertinya digunakan oleh Yulizar untuk menuangkan segala hal tentang ‘kesukaan-kesukaannya’, hmmm mungkin juga kecenderungan-kecenderungannya, wawasan-wawasannya dan sebagainya. Nama-nama bermunculan, imajinasi-imajinasi, buku-buku, perjalanan dan sebagainya. Jadi, walau novel ini ringkas namun juga penuh berjejalan dengan segala hal seperti itu.

Selamat Membaca.

Resensi dari : Yuli Nugrahani

Instagram penulis : @yulizarlubay

NOVEL TERBARU PAYUNG DARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *